Kamis, 27 Maret 2014

Perawatan PS3 kalian


 Perhatian kalian dengan ps3 itu cuma satu, 'buat main berjam-jam' tapi ada yang kalian lupakan saat bermain ps3, ps3 kalian kepanasan atau biasa disebut overheating, toh kalian yang sering main juga bakal kepanasan kalau gagal terus dalam misi-misi di game yang kalian mainin, apalagi ps3nya berjam-jam dimainin, so here's a tips for you guys, biar ps3 kalian gak kena YLOD 


1). temperatur/suhu
dalam buku manual ps3 tertulis sangat jelas kalau ps3 HARUS berada pada suhu 5°C sampai 35°C. jadi usahakan ps3 kalian nanti berada pada tempat dengan suhu tersebut

- Jangan letakkan PS3 kalian terlalu dekat ke dinding,
- Jika PS3 kalian ditempatkan pada ruang tertutup, tempatkan paling tidak 4-6cm dari dinding,
- jangan biasakan PS3 kalian ditaruh pada suhu lebih dari -7°C sampai 1.6°C (ini sebenarnya kalau lagi travelling ke tempat bersalju/tempat dengan musim dingin/ ditaruh didalam lemari es,ya siapa tahu ps3 lu mau hibernasi)
- Letakkan termometer (bukan yang buat ketiak) di dinding tepat di belakang PS3 untuk mencegahnya mencapai suhu yang terlalu tinggi.

2). overheating atau terlalu kepanasan
nih yang gua bilang tadi, YLOD, ada beberapa hal tentang YLOD:

YLOD (Yellow Light Of Death) sounds fuckin' creepy,YLOD punya ciri kalo ps3 kalian pas di nyalain lampu indikatornya nyala merah-ijo-kuning-merah dan trus kedip2 merah diikuti dgan suara bip3x .
Beberapa Faktor penyebab YLOD :
1.Thermal Paste yg mengering
2.Suhu Ruangan
3.Sirkulasi udara yg kurang bagus
4.System Hot
5.Debu yang menumpuk di dlm mesin.
Sedikit Pembahasan YLOD:
YLOD adalah kerusakan yg paling sering dialami khususnya bagi ps3 Fat, kadang ps3 slim juga, tergantung pada ps3 kalian saja..
Dan untuk mencegah terkena YLOD .
1.Pastikan sewaktu PS3 sedang dihidupkan kalian letakkan ditempat yang terbuka,biar sirkulasi udara yang masuk dan keluar menjadi lancar, jangan di dalam lemari / meja TV (ini berlaku untuk yang sudah pernah maupun yang belum pernah kena YLOD).
2.Untuk lebih bagus lagi di beri kipas tambahan , agan bisa cari di toko-toko Plasystation.Kipas biasa juga tidak masalah.yang penting bisa membuat Mesin dingin dan tidak cepat panas.
3.Jika kecepatan kipas sudah mencapai tingkat ke-5 (yang artinya mesin sudah terlalu panas dengan suara kipas yang sangat bising) maka lebih baik mesin di matikan.Sebelum mesin autoshutdown.
4.Untuk HDD internal jangan menggunakan merk MAXTOR dan WD. karena kedua merk itu bekerja dengan suhu yang panas.
5.Letakkan secara Vertikal karena jika secara horizontal maka Posisi IC RSX / CPU menggantung dan menahan beban IHS ( cangkang ) IC RSX / CPU. (khusunya utk yg FAT)Sehingga dapat memperbesar kemungkinan YLOD

tambahan: kalau kalian punya AC ya woles aja, kalau dikamar gak punya AC mending saat ps3 udah selesai dimainin taruh di lantai biar cepet dingin (jangan direndem di air, ya kali)

Tambahan : Ada beberapa game yang memaksa PS3 untuk bekerja lebih ekstra ( yang membuat Mesin cepat panas ) .Seperti game Heavy Rain ,Final Fantasy, karena Game tersebut mempunyai grafis yang tinggi.Masih bnyak lagi game seperti itu yang biasanya disebut Game pembunuh.( sekedar memberi tahu, gua gak ngelarang kalian main kok)

Kalo mau aman dari YLOD lebih baik anda beli PS3 SLIM. Karena system pendinginnya lebih bagus dari pada yang fat. Tapi kalo PS3 SLIM seri awal masih kena YLOD. Seri yang biasa kena YLOD itu seri CECH-2006A, CECH-2012A, CECH 2101B, Yang pastinya kalo Serinya masih di dekat no seri itu masih kena YLOD.
saran gua sih beli seri CECH25xx krn seri itu sdh bgus, blm ad yg ylod. dan tapi hanya keluaran awal yg bisa bajakan,kalo keluaran baru gk bisa bajakan krn system dasarnya udh OFW 3.60 sebut saja ps3 super slum

4). pembersihan
saya sangat menyarankan untuk membersihkan ps3 sekali dalam seminggu.

- gunakan vakum cleaner kecil untuk menghisap keluar debu dari ventilasi ps3. jarak ps3 dengan vakum cleaner kecil usahakan 2-3cm
- jangan menggunakan spray dan baygon untuk membersihkan bagian luar/dalam ps3, bahaya.
- jika kamu membersihkan bagian PS3 (terutama bagian atas dan daerah krom), gunakan kain microfibre. ps3 mudah lecet atau baret ketika dibersihkan, makanya gunakan kain microfibre atau tissue untuk mencegah hal ini. JANGAN PERNAH menggunakan handuk apa saja untuk membersihkan bagian luar ps3, 

5). mematikan atau shut-down ps3 dengan benar.
kadang-kadang ketika pengguna ps3 kurnag mengetahui cara mematikan ps3 dengan benar, maka cenderung mendapatkan error

- cara terbaik untuk mematikan ps3 adalah melalui remote, yaitu controller ps3 itu sendiri. jadi tahan tombol PS dan pilih “shut down system” dan tekan X pada pilihan yes (nanti kalau kamu sudah punya ps3 juga tahu) atau melalui menu/XMB kalian
- JANGAN PERNAH MEMATIKAN PS3 LANGSUNG DENGAN CARA MENEKAN TOMBOL POWER SELAMA 3 DETIK SAAT LAMPU INDIKATOR MASIH HIJAU.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar